Tegalrejo – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magelang menggelar berbagai macam lomba menyemarakkan bulan bahasa tahun 2022. Acara dilaksanakan sehari penuh pada Senin (31/10/2022) mulai pukul 07.30 – 15.00 WIB.

Jenis perlombaan yang dimaksud antara lain Duta Bahasa, Lomba Cerdas Cermat (LCC) empat bahasa, dan Film Pendek. Perlombaan ini hanya dikhususkan bagi peserta didik MAN 2 Magelang melalui perwakilan setiap kelas. Setiap kelas wajib mengikuti semua jenis perlombaan.

Kepala MAN 2 Magelang, H. Muslih, sekaligus penanggung jawab kegiatan menyampaikan “Kami mengapresiasi penyelenggaraan lomba bulan bahasa ini. Semoga menjadi wadah berekspresi bagi siswa-siswi dalam mengembangkan bakat dan keterampilan sebagai bekal untuk kehidupan”.

Dalam rangka menghemat waktu, panitia membagi lokasi lomba menjadi dua tempat yakni aula dan tempat parkir siswa. Aula menjadi arena lomba LCC dan Film Pendek. Sementara tempat parkir disulap menjadi panggung catwalk bagi para model duta bahasa memamerkan outfit.

Outfit  peserta  Duta Bahasa terbuat dari bahan-bahan bekas, seperti koran, plastik kresek bekas, dan sebagainya. Selain peragaan busana, peserta wajib menampilkan bakat minat dan presentasi destinasi wisata Kabupaten Magelang, di hadapan dewan juri dan teman-temannya sebagai penonton maupun pendukung.

Sementara itu di aula madrasah tidak kalah menarik. LCC empat bahasa meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa. Para peserta mengikuti LCC mulai dari babak kualifikasi, di mana para peserta mengerjakan soal yang dibagikan oleh panitia. Dari babak kualifikasi ini, diambil tiga tim terbaik untuk melakoni babak final. Adapun masing-masing tim/kelas terdiri dari tiga orang.

Pada babak final, peserta menjawab soal dari dewan juri dalam tiga ronde, wajib, lemparan, dan rebutan. Sorak riuh dan tepuk tangan penonton memenuhi aula ketika peserta berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

Terakhir, lomba pembuatan film pendek. Pada lomba ini, film yang dibuat harus diadaptasi dari novel. Novelnya pun harus yang tersedia di perpustakaan madrasah, Bahrul ‘Ilmi. Setelah film dibuat, peserta mengirimkannya ke panitia, kemudian panitia mengunggahnya ke kanal Youtube madrasah. Pemenang diambil dari jumlah penonton/viewer dan like terbanyak pada fitur Youtube dan peragaan langsung. Perlu diketahui, selain diunggah di Youtube, film pendek juga harus diperagakan langsung di panggung.

Zaenal Arifin, XII MIPA 3, mengungkapkan rasa kurang puasnya atas hasil yang diraih. “Kurang maksimal persiapannya sehingga hasil yang diraih tidak sesuai harapan.” ungkapnya.

Hasil lomba Bulan Bahasa:

LCC 4 Bahasa:
Juara I : XII MIPA 2
Juara II : X-G
Juara III : XII Keagamaan

Duta Bahasa:
Juara I : XI MIPA 3
Juara II : XI Keagamaan
Juara III : XI MIPA 2

Film Pendek:
Juara I : XII MIPA 2
Juara II : X-G
Juara III : XII MIPA 1
Juara Favorit I : XII MIPA 3
Juara Favorit II : XI MIPA 3

-Humas-

#bulanbahasa #man2magelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *