Magelang, 10 Maret 2024 – Gugus Depan (Gudep) Pramuka 07.067-07.068 MAN 2 Magelang berhasil menyelenggarakan perkemahan seru di Camping Ground Madrasah selama tiga hari, mulai tanggal 8 hingga 10 Maret 2024. Acara ini diawali dengan upacara pembukaan yang diresmikan oleh Kak Muslih, yang menjabat sebagai Ketua Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus Depan).

Setelah pembukaan, panitia dan peserta melaksanakan mujahadah dan do’a selamatan. Doa ini menjadi momen yang mempersatukan hati dan semangat peserta, menjadikan perkemahan ini lebih bermakna.

Rangkaian kegiatan selama tiga hari tersebut mencakup beragam kegiatan yang tidak hanya mengasah keterampilan fisik, tetapi juga memperkaya spiritual dan kepramukaan peserta. Sholat jama’ah dan kultum menjadi momen kebersamaan dan refleksi, sementara PPGD menghadirkan tantangan dan keterampilan baru bagi peserta.

Mekanisme pembinaan penegak, ragam tekpram, dan pembahasan kode etik Gerakan Pramuka menjadi fokus dalam meningkatkan pemahaman dan kepemimpinan para peserta. Apel pagi dan olahraga pagi tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membangun semangat kebersamaan dan kekompakan di antara anggota.

Kegiatan pagi bersih menjadi ajang kepedulian lingkungan, sementara lomba tenda dan hasta karya menampilkan kreativitas dan kerjasama antar regu. Meskipun hujan sempat menyapa perkemahan, semangat peserta tetap membara, dan kehangatan api unggun serta serunya Caraka Malam menjadi penyemangat tersendiri.

Perkemahan ini diakhiri dengan puncak acara, yaitu pelantikan Bantara. Moment ini menjadi tanda perjalanan panjang para peserta dalam menjalani kegiatan kepramukaan, sekaligus sebagai tonggak awal peran lebih besar di dalam gerakan ini.

Kak Evi Kusnianti, selaku Pembina Pramuka Gudep 07.067-07.068 MAN 2 Magelang berharap agar semangat dan pengalaman dari perkemahan ini akan membekas dalam setiap langkah kepramukaan mereka, ia berharap semoga dapat menginspirasi gugus depan Pramuka lainnya di seluruh Indonesia, ujarnya. (Zn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *