MAGELANG – Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang lakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Madrasah Aliyah di MAN 2 Magelang, Senin (28/8).
Kunjungan Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed, mendapatkan sambutan hangat dari Drs. H. Muslih, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Magelang. Kunjungan ini tak lain untuk memantau secara langsung sekaligus memastikan bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MAN 2 Magelang berjalan dengan lancar tanpa mengalami kendala atau hambatan.
Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Madrasah Aliyah yang telah terjadwal pelaksanaannya pada 28 dan 29 Agustus 2023 ini diikuti oleh perwakilan dari peserta didik kelas XI (sebelas) Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun penentuan peserta ditentukan secara acak melalui system sebanyak 50 peserta didik, dengan rincian 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK di MAN 2 Magelang dilaksanakan dalam 3 ruang Laboratorium Komputer, masing-masing ruang sebanyak 1 (satu) Sesi dimulai pukul 07.30 sampai dengan 09.30 WIB, dan untuk pengawasan dilakukan secara silang antar madrasah.
Dalam kesempatan tersebut Khoironi Hadi menyampaikan bahwa, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian terhadap mutu setiap lembaga sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar (Literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Adapun informasi-informasi tersebut diperoleh melalui tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Hasil dari Asesmen tahun sebelumnya hendaknya menjadi dasar bagi madrasah untuk melaksanakan program-program kegiatan pada tahun berikutnya, terang Khoironi Hadi.
Kontributor : Humas MAN 2 Magelang
Editor : Hilal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *