MAGELANG – Siswa-siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magelang dengan semangat tinggi telah melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan menjalankan aksi bersih-bersih lingkungan masjid sebagai bentuk nyata dari penerapan nilai P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rohmatan Lil ‘Alamin) dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dan bergotong-royong, pada Senin, (18/12/2023).

Sebagai bagian dari program pengembangan karakter yang diadakan secara rutin di madrasah, lebih dari 300 siswa MAN 2 Magelang bergabung dalam kegiatan bhakti sosial ini. Mereka bersama-sama membersihkan beberapa lingkungan masjid yang tersebar di sejumlah wilayah sekitar Tegalrejo, Ngablak, Pakis, dan Candimulyo Magelang.

Kegiatan dimulai pada pagi hari dimana siswa-siswa dengan antusias dan semangat penuh berkumpul di halaman madrasah sebelum membagi diri ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok ditugaskan untuk membersihkan masjid-masjid yang telah dipilih sebelumnya oleh panitia.

Ketua Pelaksana kegiatan, M. Purnama, menyampaikan, “Bhakti sosial kali ini adalah bentuk nyata dari kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar, terutama tempat-tempat ibadah. Kami berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan menjaga kebersihan masjid agar tetap nyaman untuk digunakan oleh jamaah.”

Sementara itu, Kepala Madrasah MAN 2 Magelang, Bapak Drs. H. Muslih, M.Pd, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif dan kerja keras siswa dalam melaksanakan kegiatan bhakti sosial ini. Beliau menyatakan, “Saya sangat bangga melihat semangat dan kepedulian siswa-siswa kita. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masjid, tetapi juga mengasah rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial siswa terhadap lingkungan sekitarnya.”

Kegiatan bersih-bersih masjid yang dilakukan oleh siswa MAN 2 Magelang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk lebih peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan tempat ibadah serta lingkungan sekitar.

Semangat kebersamaan serta komitmen untuk terus berkontribusi dalam kegiatan sosial menjadi landasan bagi para siswa MAN 2 Magelang untuk terus mengembangkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

Di akhir kegiatan, siswa-siswa mengaku senang dan berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan bersih-bersih masjid ini menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan karakter berbasis nilai dapat diimplementasikan dalam kegiatan nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.(Zn)

Kontributor : Humas

Editor : Hilal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *